PENGERTIAN

Pengertian Kerja Sama

Kerja sama merupakan sebuah bentuk dari interaksi social yang bersifat asosiatif yaitu hal ini di lakukan oleh dua orang atau lebih dimana mereka memiliki pandangan yang sama untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi bisa di katakan jika kerja sama di lakukan oleh kelompok atau perorangan untuk mencapai satu tujuan bersama. Kerja sama ini terjadi antara orientasi antar kelompok maupun grup.

Menurut Charles H. Cooley mengatakan bahwa kerja sama akan timbul jika seseorang atau kelompok yang sadar jika mereka memiliki kepentingan yang sama dan pada saat yang sama pula. Bagi mereka yang bekerja sama akan memiliki pengetahuan dan kesadaran untuk memenuhi segala kepentingannya. Ada beberapa bentuk kerja sama yang terutama adalah bargaining atau tawar menawar. Bargaining merupakan pelaksanaan perjanjian mengenai proses pertukaran barang dan jasa antara organisasi yang berbeda.

Bentuk kerja sama yang kedua adalah coalition atau koalisi yang merupakan kombinasi antara dua organisasi yang memiliki tujuan yang sama. Pada kerja sama ini biasanya akan memakan waktu karena kedua organisasi tersebut memiliki struktur namun karena memiliki tujuan yang sama sehingga kerja sama di laksanakan. Yang ketiga adalah join venture yaitu kerja sama dalam sebuah proyek tertentu seperti industri mobil dan lainnya.